Tips & Tutorial

Dalam Kondisi Darurat? Lakukan Ini Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis

Kita tahu bahwa HP keluaran terbaru di tahun ini memiliki kapasitas baterai besar 4000 mAh sampai 5000 mAh dan sudah support fast charging. Tapi untuk HP keluaran tahun-tahun lalu memiliki kapasitas baterai sekitar 3000 mAh, sehingga pemakaian baterai hp tidak bisa digunakan sampai 1 hari penuh.

Dalam kondisi darurat baik hp dengan kapasitas besar ataupun kecil ketika kita tidak membawa charger atau powerbank pastinya sangatlah berharga. Karena itu, kita harus mempertahankan daya baterai yang tersisa saat 30% atau 15% agar tetap bisa digunakan disaat kondisi darurat.

Karena itu dikesempatan kali ini kami akan memberikan tips agar baterai hp tidak cepat habis saat kondisi darurat dengan beberapa langkah berikut.

Matikan WiFi & Gunakan Paket Data

Tips agar baterai hp tidak cepat habis saat kondisi darurat yang pertama adalah mematikan koneksi wifi dan paket data.

Karena konektivitas wifi dan paket data merupakan salah satu yang dapat mengkonsumsi baterai disaat kondisi darurat lebih cepat, karena ketika kedua konektivitas ini aktif akan terjadi proses pencarian sinyal wifi dan paket data yang digunakan untuk download berbagai aplikasi yang berjalan di latar belakang seperti aplikasi messenger ataupun sosial media.

Matikan GPS

Jika GPS tidak benar-benar dibutuhkan saat dalam kondisi darurat, sebaiknya kita matikan saja. Karena ketika GPS aktif akan mengkonsumsi daya baterai yang cukup banyak untuk menentukan keakuratan koordinat lokasi kita saat ini.

Sebenarnya, dalam kondisi normalpun, GPS sebaiknya ketika tidak dibutuhkan lebih baik dimatikan, karena konsumsi daya baterai ketika GPS aktif cukup besar loh.

Matikan Bluetooth

Sama halnya dengan kedua konektivitas diatas, mengaktifkan bluetooh saat tidak digunakan bisa membuang daya baterai.

Apalagi sekarang ini konektivitas Bluetooth hanya digunakan untuk transfer data saja. Jadi jika kamu sedang dalam kondisi darurat sebaiknya segera matikan semua konektivitas termasuk bluetooth.

Matikan Aplikasi yang Jarang Digunakan

Tips agar baterai hp tidak cepat habis saat kondisi darurat selanjutnya adalah mematikan aplikasi yang jarang dibuka. Jadi untuk mematikan aplikasi ini, kamu bisa masuk ke menu pengaturan telepon, dan masuk ke menu aplikasi, cari aplikasi yang jarang digunakan, lalu pilih paksa berhenti atau force closed.

Redupkan Intensitas Cahaya Layar Hp

Cahaya layar hp yang terlalu cerah adalah penyebab baterai hp kita cepat habis, apalagi dalam kondisi baterai darurat tinggal 30% atau 15%, jika kita tidak redupkan intensitas cahaya layar hp pastinya akan menyebabkan baterai cepat habis.

Karena itu, kamu sebaiknya segera meredupkannya dengan cara swipe pada layar dari atas ke bawah dan redupkan kecerahan layar dengan menggeser ke arah kiri atau juga bisa melalui pengaturan dan cari menu tampilan atau kecerahan layar.

Jangan Terlalu Sering Main Game

Ketika kita sering bermain game pastinya konsumsi daya baterai akan sangat cepat habis, dibandingkan hp kita gunakan hanya untuk telepon, membuka aplikasi messenger, menonton video dan aktivitas ringan lainnya.

Ketika kita menggunakan hp untuk bermain game, konsumsi daya baterai akan banyak digunakan baik untuk pemprosesan grafis, suara, gerakan dan sentuhan, apalagi jika game itu adalah game online. Maka konsumsi daya baterai bisa lebih cepat habis.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop Supaya Panjang Umur dan Selalu Sehat

Jangan Terlalu Sering Memotret Atau Merekam Video

Memotret atau merekam video juga membuat cpu di hp kita bekerja lebih keras dari biasanya. Jadi jika kamu ingin baterai hp kamu gunakan saat ini lebih awet terutama saat dalam kondisi darutat saat liburan. Pastikan kamu hanya memotret atau merekam video pada moment-monent yang paling berharga saja.

Tempatkan HP Pada Kondisi Suhu Dingin Atau Suhu Ruangan

Menempatkan hp pada kondisi suhu dingin atau suhu ruangan juga merupakan salah satu tips agar baterai hp tidak cepat habis saat kondisi darurat. Dengan kondisi hp yang dingin atau normal membuat baterai lebih awet, karena jika hp terkena sinar matahari langsung yang panas dapat membuat hp cepat panas dan kesehatan baterai akan melemah.

Nonaktifkan Atau Cabut Kartu Sim Saat Kualitas Jaringan Seluler Sangat Buruk

Tahukah kamu bahwa sinyal atau kualitas jaringan seluler yang buruk dapat mengakibatkan baterai hp kita gunakan cepat habis? Jika kamu sedang dalam perjalanan ke luar kota ataupun saat liburan yang ternyata di tempat tersebut sinyal operator seluler kamu gunakan tidak ada atau jaringannya buruk, yang terbaik adalah menonaktifkan sim card atau mencabut kartu SIM dari HP.

Jika tidak maka hp yang kita gunakan akan lebih panas dari biasanya, dan mengkonsumsi banyak daya baterai untuk dapat menemukan sinyal. Jadi, pastikan saat baterai dalam kondisi sekarat 30% ataupun 15% dan sinyal operator seluler yang digunakan sangat buruk, segeralah nonaktifkan ataupun mencabutnya.

Leave a Comment