Tips & Tutorial

Alasan Kenapa HP Android Kamu Terasa Begitu Lemot

Sekarang ini HP Android menjadi salah satu perangkat seluler yang dimiliki oleh banyak orang, karena harga dari sebuah HP Android yang samakin terjangkau. Tapi setelah sekian lama digunakan banyak orang merasa performa hp androidnya semakin menurun bahkan ketika digunakan sangat lemot.

Jika kamu ingin mengetahui alasan kenapa HP Android terasa sangat lemot saat digunakan, berikut ini ada beberapa penyebab yang bisa kamu ketahui dan cara penanganannya agar hp Android yang kamu miliki bisa berjalan dengan lancar lagi.

Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan

Alasan kenapa HP Android terasa sangat lemot saat digunakan pertama ini bisa dikatakan sebagai penyebab utama HP android lemot. Karena jika sudah terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan membuat RAM bekerja dengan berat.

Jadi solusi untuk HP android kamu yang terasa lemot saat digunakan, pastikan kamu hanya membuka aplikasi yang dibutuhkan saja. Untuk aplikasi yang berjalan di latar belakang, sebaiknya kamu close. Sehingga ram akan bekerja dengan lebih maksimal.

Caranya kamu tekan tombol navigasi pada hp android di sisi kanan atau kiri tergantung merk hp yang kamu gunakan, lalu klik tanda X ataupun swipe ke arah kanan aplikasi yang berjalan di later belakang.

Sedang Download Dan Menginstall Update

Penyebab HP android sangat lemot lainnya adalah karena kamu sedang download dan menginstall update sistem. Ketika kamu sedang melakukan hal ini, sebaiknya tunggu sampai proses download dan install sistem selesai.

Karena dalam proses update sistem RAM dan prosessor sedang bekerja untuk mengupdate semua sistem yang ada di hp Android yang kamu miliki.

Ruang Memori Ram Yang Terlalu Kecil

Jika HP Android kamu miliki sekarang terasa lemot saat digunakan, coba deh kamu cek ruang memori RAM melalui menu pengaturan hp yang kamu gunakan.

Caranya masuk ke menu pengaturan telepon, cari bagian Memori atau RAM. Di menu memori tersebut akan terpantau jelas ruang memori RAM yang sedang terpakai, jika RAM yang digunakan sudah melebihi batas normal.

Maka kinerja hp android akan melemah, dan cara mengatasinya bisa kamu gunakan aplikasi pihak ketiga untuk membebaskan RAM. Dengan bantuan aplikasi ini RAM di HP android kamu miliki akan lebih lega dan bisa digunakan dengan lebih lancar.

Baca Juga : Alasan Kuota Internet Cepat Habis, Padahal Jarang Download

Kapasitas Processor Yang Sudah Ketinggalan Zaman

HP Android saat ini sudah memiliki kapasitas processor yang sangat baik untuk dapat digunakan bermain game ataupun kinerja lainnya dengan sangat lancar. Jadi, jika kamu masih menggunakan HP Android dengan prossesor yang jadul, ini bisa membuat performa smartphone menjadi lemot.

Apalagi kebanyakan aplikasi dan game terbaru saat ini membutuhkan spek prosessor yang cukup tinggi agar bisa dijalankan dengan lancar.

Jadi jika kamu ingin menggunakan aplikasi dan game terbaru tapi masih menggunakan HP Android jadul, ada kemungkinan kamu tidak akan bisa menggunakan aplikasi dan game tersebut dengan lancar.

Solusi terbaiknya adalah ganti HP Android yang kamu miliki dengan HP Android keluaran terbaru di tahun ini.

Ruang Penyimpanan Yang Sudah Hampir Penuh

Alasan kenapa HP Android terasa sangat lemot saat digunakan selanjutnya adalah karena ruang penyimpanan yang sudah hampir penuh.

Jadi jika memori internal hp android yang kamu gunakan saat ini sudah mencapai 90%, maka sebaiknya kamu hapus beberapa aplikasi, game, foto atau video yang sudah dianggat tidak perlu disimpan.

Untuk menghapus aplikasi dan game untuk mengkosongkan memori internal, kamu bisa masuk ke menu pengaturan telepon dan cari menu aplikasi. Setelah itu pilih aplikasi atau game yang akan dihapus, setelah itu tekan tombol uninstall atau copot pemasangan.

Jika kamu ingin mengkosongkan foto atau video, kamu bisa masuk ke galeri ataupun memindahkan foto dan video di memori internal ke memori eksternal ataupun memindahkannya ke komputer atau laptop. Sehingga ruang penyimpanan internal hp Android kamu miliki menjadi lebih lega.

Baca Juga : Daftar HP Yang Bisa Menampilkan Google 3D Animal

Hp Sudah Lama Tidak Di-Restart

Tahukah kamu, HP Android yang kita miliki juga butuh untuk direstart setiap harinya loh. Dengan rutin melakukan restart hp satu kali dalam sehari dapat meringankan beban RAM dan Prosessor untuk bekerja. Sehingga dengan melakukan tips ini, HP Android yang kamu miliki bisa berjalan normal kembali.

Ada Virus Atau Aplikasi Malware Yang Terinstall

Jika kamu sering download file, game atau aplikasi melalui sumber yang tidak dikenal bukan melalui playstore. Tidak menutup kemungkinan HP Android kamu yang lemot tersebut diakibatkan adanya virus atau malware yang ikut terinstall.

Jadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini pertama adalah dengan menginstall antivirus, dan kedua sebaiknya jangan mengunduh file, aplikasi atau game dari website yang asal-asalan, karena bisa jadi dalam file download tersebut sudah disusupi dengan virus atau malware.

Cache Yang Sudah Menumpuk

Alasan kenapa HP Android terasa sangat lemot saat digunakan terakhir adalah banyaknya cache aplikasi dan game yang sudah menumpuk dan tidak dibersihkan.

Untuk membersihkan cache aplikasi dan game kamu bisa melakukan dengan 2 cara, pertama adalah cara manual dengan masuk ke menu pengaturan, pilih menu aplikasi, kemudian buka satu per satu aplikasi dan game yang sudah terinstal. Kemudian masuk ke menu penyimpanan atau storage dan tekan tombol hapus cache.

Untuk cara otomatis menghapus cache bisa dilakukan dengan cara mengunduh dan install aplikasi pembersih cache yang ada di playstore.

Leave a Comment