Tips & Tutorial

Begini Caranya Agar Komputer Awet & Tidak Cepat Rusak

Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang saat ini sering kita gunakan untuk berbagai keperluan, baik untuk bekerja, belajar, ataupun sebagai media hiburan bermain game, browsing ataupun menonton film.

Tapi, pernahkah kamu melakukan perawatan pada komputer yang kamu miliki sekarang? Jika tidak maka komputer kamu bisa cepat rusak loh. Lalu bagaimana sih cara agar komputer tidak cepat rusak? Jika kamu memiliki komputer, ada beberapa cara perawatan yang perlu kamu perhatikan loh.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara agar komputer tidak cepat rusak dan lebih awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Jangan Taruh Cpu Dibawah Meja

Yup, pertama ketika kamu ingin komputer kamu miliki tidak cepat rusak. Pastikan kamu meletakan CPU diatas meja komputer. Karena ketika kita menaruh CPU di bawah meja pastinya akan banyak debu yang masuk ke dalam CPU dan menyebabkan komponent di dalam CPU tidak bisa bekerja dengan normal.

Terutama adalah bagian kipas di dalam CPU, ketika kipas CPU berdebu kinerja untuk mendinginkan prosessor menjadi melemah, dan ketika prosessor terlalu panas komputer tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Bersihkan Secara Rutin Seluruh Komponen PC Dari Debu

Seperti yang kami jelaskan diatas, ketika kamu telah salah meletakan CPU di bawah meja sehingga menjadikan komponent di dalam CPU berdebu langkah yang harus kamu lakukan sekarang adalah membersihkan secara rutin seluruh komponent PC dari debu.

Kamu bisa membuka casing CPU dan gunakan kuas kering untuk membersihkan bagian-bagian di dalam CPU yang sudah kotor dan berdebu.

Pastikan Sirkulasi Udara Dalam Casing CPU Mengalir Dengan Baik

Saat membersihkan CPU, pastikan bagian sirkulasi udara dalam casing CPU bisa mengalir dengan baik. Karena jika casing CPU sirkulasi urada yang keluar tertutup rapat bisa menyebabkan komponent menjadi panas.

Sehingga kinerja dari komputer akan melemah bahkan jika sirkulasi udara tidak keluar dengan baik, bisa menyebabkan kerusakan parah pada setiap komponent ada di dalam CPU.

Pastikan Fan Casing CPU Bekerja Dengan Baik

Cara agar komputer tidak cepat rusak selanjutnya adalah memastikan Fan atau kipas pada casing CPU berjalan dengan normal untuk mengeluarkan hawa panas dari dalam CPU. Jika cek kondisi kipas casing sudah tidak bekerja dengan baik, sebaiknya kamu ganti dengan yang baru atau menambah kipas casing CPU menjadi 2 atau lebih agar hawa panas dari dalam CPU bisa keluar dengan baik.

Menggunakan Stabilizer

Jika listrik di rumah kamu kurang stabil ketika kamu menyalakan komputer, jangan biarkan ini terjadi terlalu lama. Karena jika komputer sering mati mendadak akibat daya listrik tidak stabil maka dapat menyebabkan semua komponent di dalam CPU menjadi cepat rusak, baik harddisk, VGA, motherboard, prosessor ataupun power supply.

Jadi, jika kondisi listrik rumah kurang stabil kamu harus menggunakan stabilizer.

Menggunakan UPS

Jika listrik hanya kurang stabil kamu bisa menggunakan stabilizer, tapi jika listrik di rumah sering mati atau anjlog karena tidak kuat mengangkat daya listrik komputer terlalu besar. Maka kamu wajib memiliki UPS.

Jadi ketika listrik mati, komputer tidak langsung mati mendadak, karena dengan bantuan UPS komputer masih bisa tetap menyala kurang lebih sekitar 30 menit sampai 1 jam tergantung dari kapasitas UPSnya.

Baca Juga : Dalam Kondisi Darurat? Lakukan Ini Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis

Jangan gunakan Power Supply Merk Abal-abal

Dalam merakit komputer dengan komponent yang berbeda-beda buka building pabrikan, umumnya kita akan membeli komponent CPU dengan merk berbeda-beda sesuai dengan spek yang kita inginkan. Baik merk motherboard, prosessor, VGA, harddisk, ataupun power supply.

Mungkin dalam memilih motherboard, prosessor, VGA, harddisk, kamu sudah memiliki spek sesuai keinginan. Tapi terkadang dalam memilih Power Supply kita sembarangan, padahal memilih power supply dengan merk abal-abal bisa menyebabkan komponent CPU lainnya mudah rusak.

Jadi, mulai sekarang jika kamu ingin merakit komputer, carilah power supply dengan merk terkenal dan memiliki kualitas terbaik.

Karena power supply adalah alat yang dibutuhkan untuk mengirimkan daya listrik ke setiap komponent yang ada di dalam CPU. Jika daya listrik yang dihasilkan oleh power supply tidak stabil bisa menyebabkan kerusakan parah pada komponent di dalam CPU.

Sering Perhatikan Temperatur Processor

Cara agar komputer tidak cepat rusak bisa kita pantau melalui bantuan software yang ada di komputer. Kita bisa download dan install aplikasi hardware monitor untuk memantau temperatur prosessor dan komponen di dalam CPU dengan lebih mudah.

Sering Perhatikan Pemakaian Resource Setiap Aplikasi Yang Sedang Berjalan

Perawatan komputer agar tidak cepat rusak lainnya juga bisa kita perhatikan dari memantau pemakaian resource setiap aplikasi yang sedang berjalan dengan bantuan Task manager. Jadi, kita bisa tahu aplikasi mana yang mengkonsumsi banyak RAM dan Prosessor dan mengentikan aplikasi tersebut agar cpu tidak bekerja terlalu berat.

Baca Juga : Ini Yang Dibutuhkan Ketika Kamu Masih Work From Home

Jangan Dibiarkan Pc Mati Tidak Terpakai Dalam Waktu Yang Lama

Ketika komputer tidak digunakan lagi untuk waktu yang lama, biasanya kita sama sekali tidak akan melakukan perawatan yang telah disebutkan diatas. Tapi ketika ingin digunakan ternyata komputer rusak dan tidak bisa menyala.

Hal ini bisa disebabkan karena komputer yang dibiarkan mati tidak terpakai dalam waktu lama komponent di dalamnya sudah berdebu ataupun ada kabel yang dimakan tikus, sehingga tidak bisa memberikan daya listrik pada komponent di dalam CPU.

Leave a Comment