Tips & Tutorial

Cara Memasang Sensor Magnetic Pada Android

Cara Memasang Sensor Magnetic Pada Android. Sensor Magnetik atau Magnetic Field merupakan salah satu fitur yang umumnya terdapat di smartphone keluaran terbaru yang memiliki fungsi sebagai petunjuk arah seperti arah kiblat atau kompas.

Selain itu beberapa aplikasi seperti pendeteksi hantu dan detektor logam di smartphone juga menggunakan sensor ini untuk mendeteksi gelombang elektromaknetik yang ada disekitar hp Android yang kita gunakan.

Tapi bagaimana jika hp Android yang kita miliki tidak memiliki fitur sensor magnetik, apakah ada cara memasang sensor magnetic pada android?

Cara Memasang Sensor Magnetic Pada Android

Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, silahkan simak penjelasan tentang sensor magnetic dan cara memasang sensor magnetic yang kami jelaskan disini secara ringkas.

Cara Cek Sensor Magnetic Pada Android

Sebelum kita membahas cara memasang sensor magnetic pada android, kita harus mengecek terlebih dahulu apakah sensor magnetic terdapat pada smartphone yang kita miliki atau tidak ada. Untuk cara termudahnya kamu bisa mencoba beberapa cara berikut :

Menggunakan QC Test

Cara Memasang Sensor Magnetic Pada Android
  1. Untuk cara pertama ini kamu tidak perlu menginstal aplikasi apapun, cukup gunakan menu pengaturan yang ada di hp Android, kamu masuk ke menu Pengaturan kemudian cari Tentang Ponsel dan Cari Kernel Version.
  2. Kemudian kamu tap berulang-ulang tulisan Kernel Version sampai masuk ke QC Test.
  3. Setelah itu kamu cek magnetic sensor, jika kamu menemukan tulisan Fail artinya sensor tersebut tidak ada atau error.

Menggunakan Aplikasi

Jika cara diatas kurang meyakinkan kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang ada di playstore untuk mengecek fungsi sensor hp termasuk sensor magnetik.

Cara Memasang Sensor Magnetic Pada Android
  1. Pertama Kamu bisa mencobanya dengan mengunduh dan install aplikasi bernama Sensor Box For Android.
  2. Setelah jalankan aplikasinya
  3. Terakhir kamu bisa cek semua sensor yang terdapat di Android yang kamu miliki terutama magnetic sensor.
  4. Jika sensor berfungsi dengan normal maka tidak akan ada tanda lingkaran merah dengan garis melintang.

Cara diatas selain dapat mengecek magnetic sensor kamu juga bisa mengecek sensor lainnya seperti Light Sensor, Proximity Sensor, Orientation Sensor, Accelerometer Sensor, Temperatur Sensor, Sound Sensor, Pressure Sensor dan Gyroscope Sensor dan sensor lainnya.

Bagaimana Cara Memasang Sensor Magnetic Pada Android?

Jika kamu mencari cara memasang sensor magnetic pada android sebenarnya tidak ada cara yang bisa kamu lakukan untuk memasang magnetic sensor di HP Android jika memang HP Android yang kamu dari awal membelinya tidak memiliki sensor magnetic.

Karena sensor magnetic ini merupakan sebuah hardware di dalam komponen smartphone bukan merupakan sebuah software yang bisa kita install dan uninstall sesuka hati kita. Jadi ketika HP Android kamu miliki sekarang tidak memiliki sensor ini kamu tidak bisa menambahkannya sendiri.

Karena ketika kamu mencoba trik-trik yang ada di internet dengan mencoba mengutak atik hardware malah bisa membahayakan komponent di dalamnya yang bisa menjadi rusak atau patah jika bukan ahlinya.

Jadi saran terbaik yang dapat kami berikan kepada kamu, jika ingin menggunakan fitur petunjuk arah ataupun navigasi map kamu bisa menggunakan bantuan dari Aplikasi Google Map.

Baca Juga : Cara Mengubah Lagu Menjadi Instrumen di Android

Cara Menentukan Petunjuk Arah di Android Tanpa Magnetic Sensor

Untuk kamu yang memiliki HP Android yang tidak ada fitur Magnetic Sensor dan ingin menentukan petunjuk arah kiblat, arah mata angin atau navigasi kamu bisa gunakan aplikasi bawaan di HP Android yang kamu miliki yaitu Aplikasi Google Maps.

Cara Memasang Sensor Magnetic Pada Android

Berikut ini adalah petunjuk untuk mencari arah mata angin atau kiblat menggunakan aplikasi Google Maps tanpa bantuan sensor magnetic.

  1. Langkah pertama yang kamu lakukan adalah mengaktifkan GPS pada HP Android yang kamu miliki
  2. Langkah kedua membuka aplikasi Google Maps
  3. Setelah itu tentukan titik awal lokasi kamu saat ini di aplikasi Google Maps
  4. Kemudian kamu berjalan sekitar 50 meter sampai 100 meter
  5. Lanjut dengan menandai posisi kamu kedua
  6. Kamu lihat arah pergerakan kamu pada aplikasi Google Maps
  7. Kamu lihat bagian atas pada Maps adalah arah utara dan kamu bandingkan dengan arah pergerakan yang kamu lakukan apakah pergerakan tersebut ke arah utara pada Maps atau tidak. Jika bergerak ke arah atas maka artinya kamu bergerak ke arah utara dan jika kamu bergerak ke arah bawah maps maka kamu bergerak menuju ke selatan.

Kesimpulannya, jika kamu mencari cara memasang sensor magnetic pada android maka jawabannya tidak ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah sensor magnetic di smartphone karena ini adalah sebuah hardware dari sebuah smartphone.

Jadi jika kamu benar-benar membutuhkan sensor magnetic ini di smartphone, sebaiknya kamu membeli hp android keluaran terbaru dan cari hp yang memiliki spesifikasi sensor yang lengkap di dalamnya termasuk sudah memiliki sensor magnetic.

Leave a Comment