Tips & Tutorial

Cara Merawat Laptop Supaya Panjang Umur dan Selalu Sehat

Jika sebelumnya kita telah membahas tentang cara agar komputer tidak cepat rusak, pada kesempatan hari ini kami akan mengajak kamu yang memiliki laptop untuk mengetahui cara merawat laptop supaya panjang umur.

Kita mungkin sampai saat ini memiliki laptop tapi tidak pernah melakukan perawatan rutin atau berkala, sehingga kondisi laptop yang kita gunakan menjadi lemot, keyboard eror, baterai cepat habis dan laptop sering tidak mau menyala.

Karena itu, ketika kamu memiliki barang elektronik terutama komputer atau laptop yang sering digunakan untuk bekerja, belajar atau sebagai media hiburan setiap harinya. Kamu harus rutin melakukan perawatan dengan menerapkan cara merawat laptop supaya panjang umur yang kami bagikan berikut ini.

Menggunakan Pelindung Keyboard

Keyboard laptop yang kamu miliki sering eror, ketika dipencet tidak terinput atau keras ketika ditekan? Ini biasanya disebabkan karena adanya debu dan kotoran yang masuk ke celah pada keyboard laptop.

Jadi, sebaiknya kamu gunakan pelindung keyboard agar debu dan kotoran tidak mudah masuk ke celah keyboard laptop yang menyebabkan keyboard rusak dan error.

Pasang Screen Protector

Ketika kamu membeli laptop baru segeralah pasang screen protector untuk melindungi layar dari goresan. Karena umumnya penggunaan laptop yang portable akan sering kita bawa kemanapun kita pergi, saat diletakan di dalam tas, kita sering memasukan laptop bersama barang bawaan lainnya ke dalam tas.

Ketika ada benda yang tajam atau kaku tersimpan di dalam tas besamaan dengan laptop, ini bisa menyebabkan layar laptop tergores. Jadi memasangkan screen protector ke layar laptop adalah cara merawat laptop supaya panjang umur terbaik yang harus kamu lakukan.

Taruh Laptop Di Tempat Aman

Penyimpanan laptop ketika sedang tidak digunakan juga harus kamu perhatikan loh, karena ketika kamu menaruh di tempat yang tidak aman mungkin laptop bisa tidak sengaja terjatuh ataupun tertimpa benda lain. Jadi ketika kamu menyimpan laptop, simpanlah di tempat yang aman seperti di taruh di meja kerja ataupun taruh di dalam lemari.

Jangan Dibiarkan Terlalu Lama Ketika Baterai Laptop Sudah Penuh Ketika Dicas

Agar baterai laptop bisa awet dan tidak cepat habis, kamu dalam memperlakukan laptop saat di cas harus diperhatikan baik-baik. Terutama saat baterai laptop sudah terisi penuh ketika dicas sebaiknya kamu langsung melepas chargernya. Jika dibiarkan terlalu lama tidak dicabut chargernya bisa merusak kondisi kesehatan baterai laptop.

Langsung Cas, Jangan Dibiarkan Sampai Mati Ketika Baterai Laptop Akan Habis

Cara merawat laptop supaya panjang umur terutama pada baterainya, selain mencabut charger saat baterai laptop telah terisi penuh. Kamu juga harus segera mengecas laptop ketika baterai laptop hampir habis. Minimal ketika daya baterai menunjukan 30%, segeralah colokan ke charger, dengan cara ini dijamin baterai laptop akan lebih awet dan tahan lama.

Pilih Hibernate Dibanding Shutdown Saat Mematikan Laptop

Apakah kamu ketika sudah tidak menggunakan laptop seringnya melakukan shutdown? Jika kamu ingin laptop lebih awet dan panjang umur, sebaiknya mulai sekarang kamu memilih hibernate dibandingkan shutdown saat ingin mematikan laptop. Sehingga ketika ingin menghidupkannya kembali bisa lebih cepat dan laptop tidak bekerja dengan daya yang besar.

Jangan Install Sembarang Software

Saat kita membutuhkan beberapa software atau aplikasi untuk melakukan pekerjaan, umumnya kita akan mencari software atau aplikasi di Internet secara gratisan dan langsung menginstallnya.

Tapi, tahukah kamu ketika kita menginstall sembarangan software atau aplikasi yang tidak jelas sumbernya bisa merusak sistem operasi yang kita gunakan di laptop karena softwere yang kita install tersebut bisa membawa virus.

Jadi sebaiknya kamu saat menginstall sebuah aplikasi downloadlah di situs resmi software tersebut ataupun di situs download software yang terpercaya.

Install Software Antivirus Terpercaya Dan Update Secara Berkala

Kita tahu bahwa sebuah komputer atau laptop sangat rentan terserang virus, sehingga bisa menyebakan data yang ada di dalam laptop hilang. Agar hal ini tidak terjadi, ketika kamu membeli laptop baru cara merawat Laptop supaya panjang umur adalah dengan install software antivirus yang terpercaya seperti Avast, AVG, Smadav atau lainnya dan lakukanlah update antivirus secara berkala.

Jangan Taruh Diatas Kasur Saat Menggunakan Laptop

Kebanyakan dari kita menganggap laptop yang portable bisa digunakan dimana saja semau kita, sehingga kita sering menggunakan laptop ke tempat tidur. Tapi tahukah kamu bahwa menaruh laptop diatas kasur dapat menyababkan komponent di dalam laptop cepat rusak. Hal ini dikarenakan ketika diletakan diatas kasur, hawa panas yang keluar dari dalam laptop tidak bisa keluar dengan baik terhambat oleh permukaan kasur.

Jangan Dibiarkan Mati Tidak Terpakai Dalam Waktu Yang Lama

Sama halnya dengan komputer, laptop yang kita miliki sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama mati ketika tidak terpakai. Karena dalam komponent komputer ada beberapa komponent ketika tidak dipanasi akan menyebabkan kerusakan, selain itu laptop yang lama tidak terpakai juga bisa berdebu dan kotor yang menyebabkan komponent di dalamnya menjadi tertutup debu dan tidak bisa mengalirkan listrik.

Leave a Comment