Review

Review Corsair K63 Red Switch, Keyboard Mekanik Empuk!

Review Corsair K63 ~. Corsair tidak hanya memproduksi perangkat perangkat keras komputer seperti RAM, pendingin CPU, dan kartu grafis, tetapi mereka juga memiliki produk lainnya seperti keyboard mekanik, mouse gaming dan 7.1 surround sound headset.

Di Indonesia, produk-produk Corsair telah lama memenangkan hati konsumen pecinta gaming. Berikut adalah Review Corsair K63 yang sangat bermanfaat apabila kamu hendak membeli keyboard mekanik ini.

Review Keyboard Mekanik Corsair K63

Hal ini dikarenakan sebagian besar perangkat yang dikembangkan dan diproduksi oleh Corsair dihargai dengan kisaran menengah sampai kelas atas, artinya produk yang dijual Corsair masih terjangkau di masyarakat Indonesia.

Dan yang terbaru ini ada produk keyboard mekanik gaming Corsair keluaran terbaru dengan nama Keyboard Mekanik Corsair K63 yang siap dijual di Indonesia.

Kelengkapan Isi Dus Corsair K63

Saat pembelian produk Corsair K63 kamu akan mendapatkan beberapa kelengkapan produk seperti :

  • K63 Compact Mechanical Gaming Keyboard
  • Warranty Card 
  • Quick start guide

Fisik Corsair K63

Tata Letak Keyboard

Pada dasarnya, Corsair K63 memiliki tata letak keyboard mekanik tenkeyless, tanpa numpad. Sebenarnya, keyboard mekanik tenkeyless adalah tata letak keyboard yang paling cocok untuk gamer karena tidak semua gamer membutuhkan sistem numpad seperti keyboard pada umumnya.

tata letak Keyboard Mekanik Corsair K63

Karena seorang gamer membutuhkan keyboard yang ringkas dan memberikan ruang bagi mousepad. Dengan bantalan mouse besar, terutama untuk gamer FPS yang membutuhkan ruang mouse yang luas dan lapang.

Juga harus dikatakan bahwa saya pribadi menghargai tata letak 87-key ada di keyboard ini karena ketika  memainkan DOTA 2 dengan deretan tombol Fungsi, keduanya bekerja dengan sangat baik tanpa memakan ruang.

Desain

Corsair K63 memiliki desain keren dengan serangkaian tombol multimedia dan menggabungkan dua tombol tambahan untuk menyesuaikan kecerahan lampu latar LED dan tombol kunci menu Windows, dengan ukuran yang sangat rapi.

desain Keyboard Mekanik Corsair K63

Tidak menggunakan desain berukuran besar seperti beberapa merek lain, tapi keyboard mekanik tenkeyless memiliki desain yang keren dan bersudut untuk para gamer.

Keyboard menggunakan ABS keycap, seperti keyboard pada umumnya. Tapi tidak semua orang mekanik menyukai kunci ABS karena mereka rentan terhadap kotoran setelah penggunaan lama karena keringat dan kotoran di jari.

Namun, kabar baiknya adalah, tata letak Corsair K63 sangat rapi, terutama di sistem tombol Shift, bilah spasi dan tombol Enter. Ketiganya memiliki desain standar, sedangkan pada bagian spacebar memiliki permukaan kasar, seperti beberapa produk Corsair sebelumnya, sehingga menciptakan gaya yang khusus untuk para gamer.

Baca Juga : Review Kursi Gaming Digital Alliance Throne 150e Black Dark Blue

Lampu LED

LED Keyboard Mekanik Corsair K63

Titik minus kecil dari Corsair K63, sayangnya hanya memiliki satu versi warna lampu di bawah tombol keyboardnya, menggunakan sakelar Cherry MX Red, dan memiliki satu warna LED merah. Jadi mungkin untuk kamu yang menyukai keyboar mekanik gaming RGB, tidak menyukai versi keyboard Corsair satu ini.

Tombol Tambahan

Untuk sistem 4 play / pause lagu di Windows, hingga penyesuaian volume pada keyboard ini telah memiliki tombol dibagian kiri atas dan kedua tombol kecil di sebelah logo Corsair.

Material

Dari segi desain, meskipun sebagian besar terbuat dari bahan plastik dan tidak ada pelat logam yang pada tombol keyboard seperti banyak merek lainnya. Dengan desain bahan plasti ini membuat Keyboard ini memiliki keunggulan lebih ringan dari merk lainnya.

Material Keyboard Mekanik Corsair K63

Sebuah fitur yang hanya diperhatikan oleh beberapa gamer tetapi sangat penting pada keyboard mekanis adalah bahwa kontak di setiap sakelar dilapisi dengan emas, memungkinkan setiap tombol untuk menahan 50 juta klik.

design material Keyboard Mekanik Corsair K63

Banyak orang berpikir bahwa penggunaan LED Merah tidak bagus, tetapi gaya tekan 45cN dan tombol travel 2mm akan sangat sempurna untuk gamer yang membutuhkan kunci tombol keyboard dengan respon yang cepat, sehingga para gamer akan dengan mudah memenangkan game yang dimainkan dalam setiap pertandingan.

Fitur

Tankeyless

Seperti yang kita lihat, Corsair K63 ini memilik desain tenkeyless, yang berarti memiliki lebar yang lebih pendek karena tidak memiliki keypad numerik yang tidak benar-benar diperlukan untuk para gamer.

Produk ini memiliki dimensi 365mm x 171mm x 41mm dan berat 1,12 kg, kedua sisinya relatif tipis dan ujung atas dan bawahnya. Dengan desain tenkeyles membuat Corsair K63 lebih terluhat kompak dan memiliki mobilitas tinggi.

Switch CHERRY® MX Red

red switch cherry mx

Corsair K63 juga hanya menawarkan fitur Cherry MX Red Switch sehingga membuat perasaan mengetik halus yang khas. Perasaan saya ketika mencoba mengetik pada keyboard ini adalah bahwa K63 memberikan pengalaman pengetikan yang sangat mekanis, dengan suara yang menenangkan tidak seperti suara klik keras khas dari Blue Switch.

Driver CUE

Dengan software Driver CUE, pengguna dapat mengatur kecerahan LED, mengatur tombol pada tata letak keyboard, dan mengatur mode gaming.

Review Pemakaian Corsair K63

Saat menyambungkan keyboard ke komputer, lampu LED berwarna merah terang akan menyala, kamu bisa menyesuaikan 3 ambang batas kecerahan lampu ini dengan menyesuaikan tombol bulat kecil tepat di sebelah logo Corsair.

rasa pemakaian

Tidak hanya itu, dengan perangkat lunak Corsair Utility Engine, Anda bahkan dapat menyesuaikan mode kecerahan, dari pengaturan seperti Pulse ke Rain, agar menghasilkan lampu-lampu yang berkedip.

Untuk pengaturan keyboard ini kamu bisa menggunakan perangkat lunak CUE, dengan software ini kamu tidak hanya memungkinkan untuk menyesuaikan kecerahan LED, tetapi juga dapat menyesuaikan makro untuk setiap tombol pada tata letak keyboard, dan mengatur berbagai mode permainan yang sesuai.

Sehingga setiap game yang dimainkan menggunakan keyboard ini akan sangat nyaman. Jika K63 adalah keyboard yang sederhana namun solid, maka software CUE adalah fitur yang membantu pengguna mendapatkan pengaturan terbaik pada keyboard untuk bermain game.

Baca Juga : Review Monitor Gaming Armaggeddon XTREME XC27HD

Spesifikasi Corsair K63

  • Jenis keyboard: QWERTY, tenkeyless (tanpa numpad)
  • Keyswitches : Cherry MX Red
  • Kecepatan respons: 1 ms, anti ghosting 100% (rollover n-key)
  • LED : merah
  • Kunci tambahan: Media, kunci Windows
  • Dimensi: 365 mm x 171 mm x 41 mm
  • Berat: 1,12 kg

Harga

Pada saat ini, menurut informasi yang kami dapatkan dari pasaran toko online, Keyboard Mekanik Corsair K63  dijual dengan kisaran harga Rp 990 ribu sampai Rp 1,2 juta. Ini berarti, dengan harga kurang dari 1 juta atau dikisaran 1 jutaan, pecinta gaming pc sudah bisa memiliki keyboard mekanik dengan kualitas terbaik.

Kelebihan Corsair K63

  • Dilengkapi Fitur CHERRY MX RED MECHANICAL KEYSWITCHES
  • Ada lampu LED BACKLIGHTING berwarna merah
  • Desain kompak dan tenkeyless
  • Sudah dilengkapi tombol VOLUME AND MULTIMEDIA CONTROLS
  • 100 % anti ghosting karena dilengkapi dengan full key rollover
  • Bisa mengatur keyboard dengan bebas menggunakan Driver ICUE

Kekurangan Corsair K63

  • Tidak dilengkapi LED RGB
  • Desain standar

Kesimpulan Review Corsair K63

Keyboard Mekanik Corsair K63 dengan harga kurang dari 1 jutaan, merupakan keyboard mekanik dengan harga murah dengan kualitas terbaik untuk para pecinta game PC.

Berbicara tentang poin yang saya suka pada keyboard ini, pertama-tama itu adalah desain keren, memiliki desain yang ringkas, sudah menggunakan teknologi Cherry MX Red Switch yang membuat gamer ketika bermain game dengan keyboard ini akan merasa nyaman, halus dan responsif.

Mungkin bagi beberapa gamer, Corsair K63 adalah sebuah keyboard mekanik yang terlalu sederhana tanpa fitur LED RGB seperti banyak pesaing lainnya. Namun dengan harga kurang dari 1 juta atau dikisaran 1 jutaan, Keyboard Mekanik Corsair K63 menjadi lawan yang tangguh untuk semua produk dengan keyboard mekanik gaming dengan harga murah yang ada dipasaran saat ini.

Leave a Comment