Tips & Tutorial

Cara Menangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Dengan Android

Cara Menangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Dengan Android ~. Jika HP Android yang kamu gunakan sering memiliki penerimaan Wi-Fi yang buruk, sinyal jaringan berkedip-kedip, atau kadang-kadang tidak dapat mengakses apa pun di internet.

Mungkin karena posisi kamu jauh dari modem Wifi atau Router sehingga kamu tidak bisa menangkap sinyak wifi dengan baik. Lalu apa saja penyebabnya dan bagaimana cara menangkap sinyal wifi jarak jauh dengan Android?

Penyebab Sinyal Wifi Tidak Bisa Tertangkap Dari Jarak Jauh

Sebelum membahas topik utama tenang cara menangkap sinyal wifi jarak jauh dengan Android, Kita harus memanhami terlebih dahulu penyebab sinyal wifi buruk.

Cara Menangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Dengan Android

Masalah buruknya penerimaan Wi-Fi di HP Android bisa disebabkan oleh banyak penyebab, dan kami  meringkas beberapa masalah utama penyebab penerimaan sinyal wifi yang buruk sebagai berikut:

  • Teknologi pemrosesan sinyal Wi-Fi pada HP Android memiliki masalah (perangkat keras rusak atau perangkat lunak lama tidak diperbaharui)
  • Penyebab dari sumber Wi-Fi (noise, flicker)
  • Lokasi penerimaan sinyal tidak stabil karena terlalu jauh dari sumber WiFi

Baca Juga : Cara Memasang Sensor Magnetic Pada Android

Cara Menangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Dengan Android

Dan inilah cara menangkap sinyal wifi jarak jauh dengan Android yang bisa kamu lakukan :

1. Mengubah gelombang penerimaan pada smartphone menjadi 5 Ghz

Sebagian besar pemancar Wi-Fi saat ini beralih ke frekuensi 5 GHz untuk mengirimkan sinyal karena kualitas dan stabilitas 2,4 GHz yang lebih tinggi. Namun, banyak pengguna HP Android tidak memanfaatkan ini dengan tetap setia pada 2.4Ghz.

Untuk mengonversi ponsel Anda dari 2.4Ghz ke 5Ghz Anda dapat mengikuti instruksi ini:

Pengaturan> Wi-Fi> Advance> Wi-Fi Frekuency Band> Pilih Otomatis dan alihkan ke 5,0 Ghz.

Baca Juga : Cara Menghubungkan HP Android ke TV LED Dengan Kabel USB

2. Cari tempat terbaik untuk mengakses Wi-Fi

Kekuatan atau kelemahan Wi-Fi konvensional diukur berdasarkan kekuatan sinyal (dBm), direkomendasikan bahwa level sinyal harus berada di kisaran -110 dBm (yaitu gelombang sangat lemah) hingga -47 dBm (gelombang sangat kuat) .

Jadi semakin dekat ke -47 dBm, semakin baik HP Android kamu gunakan akan menerima sinyak WiFi, dan untuk memeriksa apakah lokasi kamu saat ini berada di dekat sinyal wifi yang kuat, maka kamu bisa unduh tools berikut:

Link Download WiFiAnalyzer

​Di antarmuka utama, pilih More (ikon 3 titik)> Time Graph. Jika grafiknya mendekati -47 dBm maka selamat kamu berada di daerah dengan gelombang yang kuat, sedangkan jika intensitasnya lemah, kamu harus bergerak di sekitar tempat lainnya untuk menemukan lokasi terbaik saat terhubung ke Wi-Fi dengan jarak yang jauh.

Baca Juga : Cara Merubah Tampilan Android Menjadi Windows 8 Sepenuhnya

3. Secara aktif hindari menghubungkan Wi-Fi dengan jaringan yang buruk

Ini adalah fitur yang cukup bagus dan tersedia di smartphone Android, jika kamu berada di area dengan banyak Wi-Fi terbuka tetapi tidak tahu jaringan mana yang digunakan untuk kecepatan koneksi maksimum.

Sekarang kamu dapat menuju ke Pengaturan > Wi-Fi > Lanjutan > Aktifkan “Hindari koneksi yang buruk”.

Dengan demikian, HP Android yang kamu miliki akan secara otomatis memilih jaringan Wi-Fi terbaik untuk dapat terkoneksi ke internet.

4. Memegang HP Dengan Benar Posisinya

Jika kamu perhatikan, kamu akan melihat strip plastik berjalan di sepanjang bodi pada smartphone terdapat logam unibody. Di sinilah penerimaan sinyal ponsel kamu miliki berada, dan pastikan kamu tidak menutupi area ini saat menggunakan smartphone.

5. Posisi Router

Terkadang lokasi router akan menentukan apakah kualitas sinyal kuat atau lemah. Karena itu saat menari sinyal wifi dari jarak jauhpun kita harus mencari tempat yang tepat untuk mendapatkan sinyal Wifi dengan kualitas terbaik.

Untuk membantu kamu menentukan posisi menangkap sinyal WiFi dari jarak jauh dengan kualitas sinyal terbaik, maka kamu harus download aplikasi bernama WiFi Solver FDTD .

Setelah instalasi, kamu membuka aplikasi> Pilih lokasi untuk menginstal Modem> Masukkan parameter Iterarions 1000, plot everu 10 dan plot limit 1> Klik Jalankan untuk memulai. Alat ini akan membantu kamu mengetahui di mana tempat terbaik untuk menerima sinyal Wifi terbaik dari jarak jauh.

Baca Juga : Cara Melihat Hasil Unduhan di Chrome Android Dengan Mudah

6. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

Sekarang ini di google play store sudah banyak terdapat aplikasi penyuat sinyal wifi yang bisa digunakan sebagai cara menangkap sinyal wifi jarak jauh dengan Android. Karena beberapa aplikasi ini akan mempermudah kita menemukan jaringan Wifi terbuka terdekat yang bisa terkoneksi dan secara otomatis akan menguatkan sinyal wifi dari hp yang kita gunakan.

Berikut ini ada beberapa aplikasi penangkap sinyal Wifi jarak jauh Android yang dapat kamu download gratis di PlayStore :

Wifi Manager

Ini merupakan aplikasi pertama yang kami rekomendasikan untuk kamu yang sedang mencari cara menangkap sinyal wifi jarak jauh dengan Android terbaik.

Karena aplikasi ini akan membantu kita untuk mendorong sinyal wifi dan meningkatkan tangkapan sinyal wifi menjadi lebih kuar walaupun posisi kita jauh dari modem atau router.

WiFi Finder

Seperti namanya, aplikasi WiFinder akan membantu kita menemukan titik akses Wifi yang ada disektiar kita. Dengan aplikasi ini kita juga bisa mencari jaringan Wifi berdasarkan jaringan dengan keamnan yang terbuka atau WPA, WP2 atau WEP sesuai dengan pengaturan yang kita setting.

Jadi dengan aplikasi ini kita dapat dengan mudah mendapatkan koneksi internet wifi gratis dengan mencari jaringan Wifi yang terbuka.


Leave a Comment