Tips & Tutorial

Cara Merubah Tampilan Android Menjadi Windows 8 Sepenuhnya

Apakah kamu tertarik untuk mengetahui cara merubah tampilan Android menjadi Windows 8 sepenuhnya? Jika ini yang kamu butuhkan pada kesempatan kali ini kami akan membantu kamu merubah tampilan Android menjadi Windows 8 phone.

Cara Merubah Tampilan Android Menjadi Windows 8 Sepenuhnya

Apa yang kita bicarakan di sini adalah aplikasi Louncher bernama Launcher8 dengan antarmuka Metro-style yang sangat mirip dengan Windows Phone 8 yang bisa digunakan pada HP Android, sehingga dengan bantuan launcher ini pengguna Android dapat merasakan antarmuka Windows 8 phone yang khas.

Tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli smartphone yang menjalankan Windows Phone 8.

Dengan bantuan aplikasi launcher ini, Kamu dapat merasakan platform Microsoft Windows Phone 8 tetapi masih memanfaatkan toko aplikasi Android Google Playstore, yang menjadikan ini suatu kombinasi tampilan dan fungsi yang menarik.

Cara Merubah Tampilan Android Menjadi Windows 8 Sepenuhnya

Cara Merubah Tampilan Android Menjadi Windows 8 Sepenuhnya dengan launcher8

Untuk lebih jelasnya silahkan simak cara merubah tampilan Android menjadi Windows 8 sepenuhnya yang kami bagikan berikut ini.

  1. Pertama kamu bisa download aplikasi Launcher8 di Google Playstore dan lakukan instalasi.
  2. Segera setelah menginstal aplikasi Launcher8 dan membukanya, antarmuka Launcher 8 akan segera mengganti antarmuka default yang tersedia di HP Android kamu miliki.
  3. Pada saat yang sama, kotak dialog muncul menanyakan apakah pengguna ingin menggunakan antarmuka baru ini untuk menggantikan antarmuka yang ada.
  4. Klik tombol OK, lalu centang opsi “Gunakan secara default” sebelum mengklik item “Launcher8” di kotak dialog yang muncul.

Cara Menggunakan Launcher8 di HP Android

Sekarang, HP Android kamu telah sepenuhnya berubah tampilannya menjadi Windows Phone 8 yang khas dan baru dari Microsoft.

Ikon ditampilkan dalam gaya datar tetapi masih dalam bentuk ikon dinamis, menciptakan gaya yang sama dengan antarmuka Windows Phone 8.

Icon Aplikasi

Meskipun ikon telah berubah, tetapi secara umum fungsinya tetap sama, seperti mengklik ikon pesan untuk melihat pesan atau mengklik ikon “Galeri” untuk melihat album foto kamu miliki, icon gambar orang untuk melihat kontak.

Membuka Daftar Aplikasi

Cara Menggunakan Launcher8 di HP Android

Untuk membuka daftar aplikasi yang terinstal di perangkat, kamu cukup menggesek jari mu di layar dari kiri ke kanan, segera daftar aplikasi akan ditampilkan dan diatur dalam urutan abjad, memungkinkan pengguna untuk nudah mencari dan mengaktifkan aplikasi yang diperlukan.

Cara Mengubah Tampilan Aplikasi

Untuk mengubah cara aplikasi diatur dan ditampilkan, kamu dapat mengklik tombol Pengaturan pada perangkat, lalu pilih ” List or grid” untuk menampilkan aplikasi dalam tampilan List atau grid, atau “App sort.”

Untuk mengurutkan aplikasi berdasarkan nama, berdasarkan tanggal pemasangan, atau berdasarkan frekuensi penggunaan.

Cara Mengubah Ukuran Bingkai

Pengguna juga dapat mengubah ukuran bingkai di antarmuka utama dengan menekan tombol Pengaturan, atau gulir ke bawah, klik ikon opsi di bagian bawah, lalu pilih “Edit” dari menu yang muncul.

Atau kamu cukup mengklik ikon apa saja pada antarmuka utama selama beberapa detik.

Sekarang, ikon pada antarmuka utama akan berada dalam bentuk gerak, pengguna dapat mengklik ikon apa pun di atasnya, lalu pindah untuk mengubah posisi, klik panah untuk mengubah ukuran atau klik “unpin” di sudut kanan atas untuk menghapus dari antarmuka utama.

Dari bagian Menu di atas, kamu juga dapat memilih “Add” untuk menambahkan ikon aplikasi pada antarmuka utama untuk dengan mudah mengaktifkan aplikasi yang diperlukan dan sering digunakan.

Cara Mengatur Kunci Layar

Secara default, setelah instalasi, Launcher 8 akan secara otomatis menonaktifkan kata sandi login sebelumnya (jika ada) pada HP Android dan pengguna perlu mengatur ulang kata sandi baru untuk melindungi keamanan.

Untuk melakukannya, kamu bisa masuk menu perangkat, pilih “Theme”. Dari menu yang muncul, geser ke kiri pada layar untuk memilih “LockScreen”, lalu pilih “Lock Pasword” dari daftar yang muncul.

Selanjutnya, kamu mengaktifkan fungsi keamanan layar dengan kata sandi (pilih ON), kemudian masukkan kata sandi keamanan di kolom “New Password” dan konfirmasikan kata sandi di bagian ” Confirm Password”, lalu klik OK untuk menyimpan.

Sekarang, setiap kali kamu mengunci layar HP Android kamu miliki, pengguna harus memasukkan kata sandi yang telah dibuat tadi untuk membuka kunci layar.

Di atas adalah beberapa pengaturan dasar yang dapat kumu gunakan ketika menggunakan Launcher 8, selain itu kamu juga dapat secara opsional menambahkan banyak pengaturan lain untuk membuat antarmuka pada HP Android kamu miliki lebih cantik dan unik.

Baca Juga : Cara Merubah Status Bar Android Menjadi Keren

Cara Menggembalikan Tampilan ke Antarmuka Lama

Jika kamu tidak lagi ingin terus menggunakan antarmuka gaya Windows Phone 8 HP Android kamu miliki setelah menerapkan cara merubah tampilan Android menjadi Windows 8 sepenuhnya diatas, kamu cukup menghapus aplikasi Launcher 8 dari HP Android yang kamu miliki.

Caranya buka pengaturan telepon, pilih Aplikasi lalu pilih Launcher8 dari daftar aplikasi dan pilih “Copot Pemasangan” atau Uninstall”.

Leave a Comment