Review

Review! Pengalaman Pakai Orico USB 3.0 Hub SHC U3 4 Port

Review Orico SHC U3 ~. Halo Androlovers, selamat datang di blog baru ini. Kali ini kita akan bahas pengalaman saya menggunakan tools periferal yang sudah sangat umum yaitu USB HUB.

USB Hub akan sangat berguna dan dibutuhkan ketika kamu tidak memiliki jumlah port USB yang cukup pada komputer, terutama pada laptop ultrabook zaman now yang sangat minimalis. Alat ini akan menjadi “terminal” dimana flashdisk, harddisk eksternal yang kamu miliki dapat terhubung dengan komputer atau laptop.

USB Hub yang biasa saya gunakan dirumah adalah merk Orico SHC U3. Alasan memilih tipe ini adalah karena designnya minimalis, berwarna hitam (sesuai dengan tema setup), dan tentunya lebih “murah” dibanding tipe diatasnya 😀

Alasan Kenapa Saya Beli Orico SHC U3

Klasik, asalan saya beli produk USB hub ini karena tidak mau repot mengkoneksikan flashdisk ataupun harddisk ke casing PC. Mengingat casing PC cukup besar dan port usb berada di sisi atas, akan cukup ribet kalau tiap kali mau colok flashdisk harus berdiri dan singgah dari kursi, walau cuma sebentar, hehe. *males mode on

Alasan lainnya adalah karena tidak semua port yang pada casing PC berwarna biru alias USB 3.0. Karena itu untuk menghubungkan beberapa storage device saya membutuhkan port USB tambahan, dan itu harus tipe USB 3.0. Ya biar kenceng aja saat transfer file.

Fisik

Pertama kita akan bahas apa yang terlihat dari luar seperti isi dalam dus, desain tampilan luar, jumlah port dan ergonomi produk

Isi dalam dus

Berhubung dus nya ada di tempat lain maka saya tidak bisa menyertakan fotonya, tapi yang jelas produk ini saya beli dalam keadaan baru + tersegel rapi.

Review USB Hub Orico SHC U3

Isi dalam dus yang bisa saya temui pertama kali saat unboxing hanya:

  • USB Hub dan 
  • Kabel Data panjang 1 Meter, 
  • selebihnya kitab-kitab klasik sebagai penyerta.

Ya cukup simple memang, mengingat produk ini hanyalah sebuah USB Hub biasa pada umumnya.

Desain

Kalau dilihat kasat mata, Orico SHC U3 ini memiliki design kecil minimalis nan low profile. Memiliki 4 buah port biru (USB 3) dan dilengkapi tablet stand dan satu lampu indikator power.

desain USB Hub Orico SHC U3

Berat produk ini cukup ringan karena dibungkus oleh plastik ABS, yang cukup menguntungkan karena apabila dilapis bahan metal tentu akan sering kesetrum saat menyentuhnya.

Jumlah Port Orico SHC U3

Orico SHC U3 dibekali 4 buah port USB 3 yang diklaim mampu mentransmisikan data hingga 5Gbps, kencang bukan?. Tapi speed itu tentu ada syarat & ketentuannya.

Jumlah Port USB Hub Orico SHC U3

Ergonomi

Orico menyematkan tablet stand sebagai fitur pelengkap yang menjadi bagian dari desainnya. Yang saya rasakan cukup bermanfaat karena bisa menaruh HP atau remote LED controller, ya setidaknya meja jadi lebih rapi karena ada satu barang yang menjadi akomodasi.

Ergonomi USB Hub Orico SHC U3

Baca Juga : Review Harddisk Docking Orico 6228US3-C Cocok Untuk Port Sata yang Sudah Penuh

Spesifikasi Orico SHC U3

Berikut adalah spesifikasi dari USB Hub orico SHC U3:

  • Material : Plastik ABS
  • Output : USB 3 Superspeed
  • Input : USB 3 tipe A
  • Panjang Kabel Data : 1 meter
  • Driver : Tidak diperlukan alias plug n play
  • Kompatibilitas : Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10, Mac OS and Linux
  • Dimensi : 98*98*26mm

Performa Orico SHC U3

Oke, sekarang kita bahas intinya, yaitu review performa transfer data USB Hub Orico SHC U3.

Copy File dari HDD Ext ke PC

Hasil pengujian transfer file sebesar 4GB dari harddisk external ke PC bisa dilakukan dengan kecepatan rata-rata 75.1 MBps dan bisa rampung dalam waktu 45 detik’an. Cukup kencang kalau menurut saya.

Hasil Uji kecepatan USB Hub orico

Copy File dari PC ke HDD Ext

Sedangkan untuk transfer file dari PC ke harddisk eksternal bisa dilakukan dengan kecepatan 41 Mbps, lebih pelan dibanding dari HDD ext ke PC. Analisa paling masuk akalnya adalah karena kemampuan write si HDD eksternal sudah jauh menurun (faktor usia)

Hasil Uji kecepatan USB Hub orico

Speed yang tertera dari hasil pengujian diatas tentunya bergantung pada kecepatan read/write harddisk yang terlibat pula. So jangan heran kalau kalian mendapati hasil berbeda.

Kesimpulan Jujur

Selama saya menggunakan USB Hub dari orico ini tidak ada masalah serius yang dialami. Hanya sekedar 1 port kadang tidak aktif atau tidak bisa mendetek flashdisk, itupun cuma sesekali.

Dengan 4 interface USB 3 yang ada, sudah memenuhi kebutuhan colok-mencolok saat saya bekerja, terutama dengan kecepatan transfer yang lumayan kencang, desain yang minimalis dan tidak bikin nyetrum saat menyentuhnya.

Singkatnya, saya cukup puas karena telah membeli Orico SHC U3.

Leave a Comment