Operator Seluler

Cara Ubah Kuota Belajar Kemendibud Ilmupedia Menjadi Kuota Utama Reguler

Apakah ada cara ubah kuota belajar kemendikbud ilmupedia menjadi kuota flash reguler ? Tentunya ada donk, jika belum mengetahui caranya yuk simak artikel ini sampai selesai ya guys!

Pandemi covid 19 masih memaksa para pelajar harus tetap menjalankan daring di rumah. Hal ini juga membuat pemerintah beriinsiatif untuk memberikan bantuan kuota belajar untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Kuota Kemendikbud merupakan salah satu bantuan kuota belajar yang diberikan oleh pemerintah. Agar kita mendapatkan kuota tersebut maka harus sudah didaftarkan melalui sekolahnya msing-masing.

Kuota belajar ini diberikan untuk para pelajar, tenaga pendidik ( guru dan dosen) agar bisa melakukan akses aplikasi belajar secara gratis.

Diantara aplikasi yang bisa dipakai dalam kuota  belajar kemendikbud diantaranya adalah aplikasi zoom, google meeting, zenius, Udemy,kelas pintar, Ruang Guru, google clasroom dan lain-lain.

Untuk besaran kuota belajar ini juga bermacam-macam. Bagi pelajar dan tenaga pendidik tentunya akan mendapatkan besaran kuota yang berbeda pula.

Akan tetapi besaran kuota tersebut hanya berlaku untuk membuka aplikasi tertentu saja yang bisa menunjang kegiatan belajar menagajar.

Dan hanaya 5GB saja yang bisa digunakan untuk mengakses apa saja.

Sedangkan besaran kuota 5 GB tersebut jika sering dipakai untuk melihat aplikasi lain seperti youtube, instagram, tik tok , twitter, facebook dan lain-lain dalam hitungan hari saja akan cepat habis.

Tetapi tenang saja, karena kita masih bisa mengubah kuota belajar kemendikbud menjadi paket reguler dan bisa dipakai untuk kuota utama sehingga nantinya bisa dipakai untuk membuka aplikasi apa saja.

Tentunya untuk mengubah kuota belajar tersebut kita memrlukan bantuan aplikasi pihak ke 3, salah satunya adalah menggunakan aplikasi HTTP Custom dan HTTP Injector dibawah ini.

Kelebihan dari menggunakan aplikasi ini adalah lebih cepat dan lebih terkoneksi dengan jaringan. Namun ada juga kekurangannya yaitu kita harus selalu mengupdate config.

Config sendiri merupakan script file yang dibuat untuk menyatukan bug situs ( SNI Host ). Selain dua aplikasi tersebut diatas sebenarnya ada beberapa aplikasi pihak ke 3 yang bisa dipakai seperti Psiphon Pro, AnonyTun, TLS Tunnel dan lain-lain.

Namun yang kita bahas kali ini hanya ada dua yaitu HTTP custom dan HTTP Injector.

1. Ubah Kuota Belajar Jadi Reguler Dengan Aplikasi HTTP Custom

Cek pulsa dan kuota Telkomsel dengan menghubungi *888# pilih 7 untuk cek pulsa dan kuota, pilih 2 cek kuota.

Jadi disini kita pastikan dulu bahwa kuota utama yang kita miliki 0 dan hanya ada kuota belajar.

Kita bisa membuka youtube untuk memastikan sebelum kita setting, jika tidak bisa digunakan maka kuota utama kita benar-benar 0.

Langkah 1 : Unduh terlebih dahulu HTTP Injector

Langkah awal yaitu kita mendownload HTTP Injector terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Playstore lalu instal.

Setelah kita instal, maka buka aplikasi tersebut dan akan muncul peringatan lalu klik Oke. lalu tunggulah beberapa saat sampai dengan peringatan tersebut hilang.

Langkah 2 : Impor Config

Selanjutnya yaitu kita pilih impor config. Impor config ini adad pada pojok kanan atas. Maka akan muncul Info dan selanjutnya kita centang serta izinkan.

Langkah 3 : Penyimpanan Internal

Selanjutnya adalah menuju ke penyimpanan internal. Apada kolom ini kita pilih download. Untuk mencari konfig yang sudah kita download sebelumnya.

Langkah 4 : Download

Pada menu ini kita memilih kode config yang sudah didownload sebelumnya, klik. Mulai.

Berikutnya pada bagian LOG HTTP Injector bisa dilihat bahwa cara ini sudah berhasil.

Jika sudah konek maka on/ off mode pesawat atau ganti SSH pribadi agar kecepatan maksimal.

Setelah berhasil dan untuk mengecek apakah sudah bisa digunakan maka kita bisa membuka youtube.

2. Ubah Kuota Belajar Jadi Reguler Dengan HTTP Injector

Berikutnya yaitu cara mengubah kuota belajar kemendikbud ilmupedia menjadi kuota flash regular dengan menggunakan HTTP Injector. Cara ini hampir sama dengan cara yang sebelumnya.

Langkah 1 : Unduh aplikasi HTTP Injector

Langkah awal yaitu kita download terlebih dahulu aplikasi HTTP Injector yang ada di playstore.

Setelah itu kita bisa melakukan instal aplikasi tersebut. Dan tampilan awalnya akan seperti dibawah ini.

Langkah 2 : Masuk ke HTTP Injector

Setelah kita masuk ke HTTP Injector maka kita klik bagian pojok atas untuk import config.

Disini kita bisa lihat beberapa konfig yg sudah dibuat.Pilih konfig kuota belajar kemendikbud Telkomsel lalu impor konfig.

Langkah 3 : Impor konfig

Impor konfig lalu pilih OK dan mulai.

Untuk memastikan kita bisa melihat di LOG, jika ada tulisan yang berwarna hijau berarti sudah terhbung.

3. Ubah Kuota Belajar Jadi Reguler Dengan HTTP Injector Setting Berbeda

Disini kita akan sediakan dua server, yaitu server Singapura dan Indonesia. Tergantung mana yang cepat dan nyaman ditempat masing2. Karena setiap wilayah akan berbeda jaringannya.

Namun sebelumnya bagi kalian bisa mengecek di aplikasi MyTelkomsel atau di *888#. Konfig ini support untuk kuota belajar kemendikbud atau Ilmupedia Telkomsel.

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah 1: HTTP Injector

Setelah kita melakukan pengecekkan kuota di MyTelkomsel untuk memastikan adanya kuota belajar Kemendikbud. Lalu masuk ke HTTP Injector.

Langkah 2 : Impor config

Setelah kita masuk Ke HTTP Injector maka Klik impor konfig yabg ada di pojok atas.

Langkah 3 : cek konfig singapur

Disini akan ada beberapa tampilan konfig yang muncul. Kita akan memakai server Singapur dan Indonesia.

Untuk server Singapura dengan nama kemendikbud SG3.ehi lalu impor, dan jika memakai server Indonesia kita akan menggunakan konfig kemendikbud ID3. Setelah berhasil langsung kita klik mulai.

Dan langsung terhubung, bisa dilihat di LOG.

Disini kita memakai UDPGW port 7900, jika tidak ada tulisan UDPGW port 7900 di LOG berarti kamu sedang memakai UDPGW port default atau 7300.

Untuk mengubah UDPGW port ini kita bisa kembali dulu ke beranda, Klik Berhenti dulu, laluklik setting yang ada dipojok atas.

Lalu lihat dibawah tampilan UDPGW port dan rubah saja ke 7900,pilih mana yang tercepat dan ternyaman.

Untuk pilihan UPPGW port ini dimuali dari 7200 sampai 7900.  Berikutnya adalah klik mulai.

Dan untuk memastikan apakah sudah terhubung kita bis klik LOG lalu lakukan tes Youtube untuk melihat video dan lainnya.

Langkah 4 : Speed test

Speed tes atau keceatan ini tergantung dengan kualitas jaringan yang ada dimasing-masing wilayah.

Kita melihat dibawah bahwa kecepatan unduh 25,4 dan kecepatan unggah 20.5 ini merupakan kecepatan yang bagus.

Leave a Comment